Cara Menggeser Material di Sketchup

Saat kita menggunakan material (khususnya material texture), biasanya akan muncul sambungan pada permukaan objek. Hal ini terjadi karena kualitas material yang rendah, tidak seamless, dan masih banyak lagi.

Lalu apa solusinya? dan dimana tempat penyedia material yang berkualitas dan dapat diakses secara gratis. Solusinya adalah dengan menggunakan material texture yang berkualitas. File material dapat anda download melalui link berikut ini:

Back to topic, Mendownload material baru tentu membutuhkan kuota dan akses internet. Jika anda mengalami kendala pada dua hal tersebut, anda dapat menggunakan material yang anda punya dan lakukan tips berikut untuk menghilangkan garis sambungan dengan cara menggeser material tersebut.

Cara Menggeser Material Texture di Sketchup

  • Disini saya sudah menyiapkan 3d model sederhana dan sudah saya kasih material. Anggap aja ini sebuah cabinet kecil.
  • Selanjutnya klik kanan pada permukaan objek lalu pilih Texture > Position.
  • Setelah itu akan muncul gambar 4 pin yang masing masing memiliki warna sumbu yaitu biru, kuning, hijau dan merah.
  • Keterangan:

    Sumbu Merah digunakan untuk menggeser material kekiri, kekanan, atas dan bawah. Hijau digunakan untuk me-rotasi material. Biru untuk men-skala material kearah atas dan bawah. Terakhir sumbu Kuning digunakan untuk men-distort material.

  • Setelah disetting sedemikian rupa akhirnya tampilan material tampak rapi tanpa sambungan.

Material berkualitas rendah biasanya didownload secara instan melalui Google Images. Mencari material lewat Google image memang terlihat cepat dan simpel, kita tak perlu mendaftar. Cukup dengan klik kanan lalu Save maka otomatis gambar akan tersimpan kedalam komputer kita.

Namun pernahkan anda memperhatikan resolusi dari material tersebut?. Biasanya gambar yang tersedia dilaman Google sudah otomatis dikompresi oleh sistem sehingga ukuran dan resolusinya akan sedikit berkurang.

Alhasil jika material tersebut digunakan maka biasanya akan muncul garis sambungan pada permukaan objek. Meskipun kita masih bisa menggeser material tersebut, namun tetap saja hasil akhirnya akan membuat gambar kita menjadi kurang realistis.

Demikian panduan singkat cara menggeser material di Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel saya selanjutnya. Bye!