Hari ini saya mendapat satu project rendering yang sebagian besar menggunakan material kaca bening. Bagi saya sendiri, kaca merupakan material yang cukup sulit untuk disetting, karena hasil rendering bisa dipengaruhi oleh faktor lain seperti lighting dan sudut pengambilan gambar (angle of view).
Untuk mensettting kaca bening, kita bisa menggunakan dua parameter utama yang ada didalam Vray yaitu Reflection dan Refraction. Kedua parameter ini akan menghasilkan pantulan kaca yang bagus dan realistis.
Selain untuk membuat kaca, kedua parameter tersebut juga bisa kita gunakan untuk membuat cermin pantul. Tutorialnya dapat anda lihat pada postingan saya sebelumnya.
Nah pada tutorial cara setting kaca bening kali ini, saya menggunakan Vray 3.4. Silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda.
Cara Setting Kaca Vray 3.4 Sketchup
- Langkah pertama silakan buka program Sketchup Vray dikomputer atau laptop anda, lalu import model yang akan anda gunakan sebagai media kaca bening.
- Selanjutnya buka Asset Editor (logo Vray), setelah itu klik Create Asset, lalu arahkan mouse ke Materials -> Generic.
- Kemudian pada menu Diffuse, geser panelnya kekiri hingga warnanya berubah jadi hitam.
- Lalu pada menu Reflection, geser panel Reflection Color-nya kekanan hingga warnanya jadi putih. Lakukan langkah yang sama untuk menu Refraction. Sehingga settinganya menjadi seperti ini.
- Langkah selanjutnya masukan material ini kedalam objek dengan cara klik kanan lalu pilih Apply to Selection. Namun sebelumnya permukaan objek harus diseleksi terlebih dahulu.
- Selesai. Langkah terakhir klik render untuk melihat hasilnya.
Terkadang tampilan preview tidak sesuai dengan hasil final setelah gambar dirender. Maka dari itu kita jangan selalu berpatokan pada settingan orang lain. Saya menyarankan untuk mencoba memodif sendiri settingan yang ada dengan tetap mengikuti tutorial yang tersedia.
Demikian panduan cara setting kaca di Vray 3.4 Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.
Selamat mencoba!