Cara Membuat Tulisan Menyala di Vray Sketchup

Membuat tulisan menyala di Vray Sketchup atau neon box adalah salah satu fitur di settingan Vray. Pengaturan ini juga biasanya dinamakan dengan pencahayaan lampu neon. Untuk membuat lampu neon ini kita bisa memanfaatkan parameter emissive yang kita kombinasikan kedalam material.

Emissive itu sendiri merupakan lapisan material khusus yang dapat merubah material apapun menjadi sumber cahaya.

Pencahayaan/lighting menjadi salah satu faktor yang dapat menentukan hasil gambar rendering di Vray Sketchup, karena tanpa adanya pencahayaan yang tepat tentunya kita akan kesulitan untuk menghasilkan gambar render yang realistis.

Dalam Vray Sketchup itu sendiri terdapat banyak mode pencahayaan yang dapat kita gunakan seperti Omni Light, Emisive Light, Rectangle Light dan IES Light.

Nah pada tutorial kali ini, saya akan berbagi panduan bagaimana cara membuat tulisan menyala di vray sketchup atau yang biasa kita sebut Neon box. Hasilnya dapat anda lihat pada gambar thumbnail diatas.

Cara Membuat Tulisan Menyala Lampu Neon di Vray Sketchup

  • Langkah pertama, silakan buka Sketchup dilaptop atau komputer anda. Setelah itu buatlah 3D text lalu beri material pada objek tersebut.
  • Langkah selanjutnya silakan masuk ke pengaturan Vray dengan cara klik material editor atau logo M.
  • Setelah itu klik kanan pada material tersebut, lalu pilih Create layer setelah itu arahkan ke menu Emissive.
  • Kemudian setting dengan menaikan Intensity-nya menjadi 50.
  • Selanjutnya preview untuk melihat hasilnya, apabila anda ingin mengganti warna cahayanya maka cukup klik pada kotak warna di menu Color kemudian pilih warna sesuai selera anda.
  • Terakhir render untuk melihat hasinya secara keseluruhan, jika cahaya yang dihasilkan kurang terang maka kamu bisa naikan nilai intensity-nya.

Cara ini cukup sederhana dan mudah dipelajari bagi anda yang ingin belajar membuat tulisan menyala di vray sketchup. Namun, salah satu kekurangan emisive light ini adalah biasanya akan muncul noise di sekitar sumber cahaya. Untuk mengatasi itu anda cukup menaikan nilai Subdivs pada setiap material yang dipakai.